profil

Akar dari pengetahuan ilmu arsitektur adalah tentang mewadahi kegiatan yang dilakukan oleh makhluk hidup sehingga dapat beraktivitas dengan baik. Dalam rangka menyediakan wadah tersebut, maka tujuan utama adalah meningkatkan kualitas hidup seseorang dan sekelompok komunitas. Oleh sebab itu ilmu aristektur sangat erat kaitannya dengan karakter geografis dan iklim setempat serta budaya orang yang akan memakainya.

Dalam waktu 10 tahun ke depan, isu tentang perubahan iklim akan semakin penting karena kebutuhan akan menjaga keseimbangan bumi, harus mampu menciptakan keanekaragaman hayati dalam lingkungan buatan. Kesadaran masyarakat property untuk membangun bangunan tinggi dengan referensi mem¬perhatikan lingkungan hijau merupakan peluang yang baik, karena di Negara maju semua pembangunan bangunan tinggi sudah dievaluasi dengan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Menyikapi hal di atas, PROGRAM STUDI ARSITEKTUR JENJANG S2 UK Petra mengangkat kurikulum yang fokus pada ‘sustainable architecture’ dengan tujuan untuk kembali mengangkat nilai nilai budaya lokal dan iklim lokal. Di dalam teori sustainable architecture, mahasiswa diajak untuk memperhatikan prinsip tiga “P” yaitu Planet, People dan Profit.  Perancangan 'berkelanjutan' adalah filosofi mengenai perancangan obyek fisik dan lingkungan binaan sesuai dengan prinsip ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Ini merupakan tanggapan atas krisis lingkungan global, pertumbuhan ekonomi yang drastis, meledaknya populasi dunia, berkurangnya sumberdaya alam, rusaknya ekosistem serta terancamnya keragaman hayati dunia. Penerapan filosofi ini cukup luas, dari mikrokosmos (obyek kecil yang digunakan sehari-hari) hingga makrokosmos (bangunan, kota). Filosofi ini juga diterapkan pada: arsitektur, perencanaan dan perancangan kota, dan arsitektur lansekap. 

Oleh sebab itu, para lulusan PROGRAM STUDI ARSITEKTUR JENJANG S2 nanti mampu menyumbangkan hasil perancangan bangunan tinggi yang sadar iklim tropis dan budaya setempat. Pada abad 21 ini, kajian dalam bidang ilmu Arsitektur telah saatnya untuk dikembangkan menuju arsitektur bangunan tinggi yang berkelanjutan, peduli akan sumber daya alam yang tak tergantikan, mampu menyumbangkan ruang terbuka hijau yang mendukung terciptanya sebuah ekosistem sebuah kawasan dan pada saatnya akan menyum¬bangkan terbentuknya keanekaragaman hayati dalam skala kota

 

 Visi 

Menjadi PROGRAM STUDI ARSITEKTUR JENJANG S2 yang berperan aktif membentuk Sumber Daya Manusia yang didasari pada nilai-nilai Kristiani dengan fokus pada sustainable architecture dan keprofesian arsitek, serta berkualitas internasional sampai tahun 2025.

Misi 

Menghasilkan lulusan yang mandiri, siap dan profesional dalam industri arsitektur dengan keahlian berciri pada sustainable architecture, melalui proses pembelajaran dengan kualitas yang bertaraf internasional, di bidang pendidikan, penelitian, dan publikasi ilmiah. 

 

Tujuan 

• Membekali mahasiswa pasca sarjana yang mampu mengimplementasikan ilmu sustainable architecture dalam menciptakan lingkungan binaan yang inovatif dan berkelanjutan, mengakomodasi kebutuhan serta memberdayakan nilai lokal, memperhatikan kelestarian sumber daya alam, mampu memberikan kesejahteraan, dengan berbasiskan teknologi informasi.

• Membekali mahasiswa pasca sarjana yang mampu melakukan penelitian dan tanggap terhadap kebutuhan pembangunan berciri sustainable architecture dengan sikap profesional dan kepekaan moral Kristiani yang baik.